Berita

Mengenal Urgensi Maqashid Syariah Bersama Guru Besar Universitas King Abdulaziz Arab Saudi

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jakarta (06/04/2017) Universitas Prof. Dr. Hamka kedatangan tamu spesial, yakni Prof. Dr. Marwan dan Dr. Mazin, Guru Besar dan Dosen Universitas King Abdulaziz, Arab Saudi. Keduanya di undang untuk menjadi narasumber dalam sebuah acara seminar fakultas bertemakan tentang pengenalan Maqasid Syariah . Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa/i Fakultas Agama Islam UHAMKA, pimpinan dan para dosen juga berantusias untuk hadir dalam acara tersebut.

Maqasih Syariah menurut Dr. Mazin, bahwa Islam  memandang kebutuhan manusia ke dalam tiga tingkatan, yakni aspek Darruriyat, Hajjiyat, dan Tahsiniyyat. Beliau menekankan, bahwa aspek Darruriyat merupakan hal pokok yang harus dijaga oleh setiap diri manusia, dimana apabila salah satu komponennya tidak dimiliki, maka secara prinsip dapat merusak pokok kehidupan. Kebutuhan Darruriyat sendiri memiliki lima pondasi dasar, yakni terpeliharanya Agama (Hifdz Ad-Din), terpeliharanya Jiwa (Hifdz Al-Nafs), terpeliharanya Akal (Hifdz Al-Aql), terpeliharanya Keturunan (Hifdz Al-Nasli), dan terpeliharanya Harta (Hifdz Al-Maal). Sementara itu Prof. Dr. Marwan menambahkan, bahwa transaksi riba merupakan sesuatu yang sangat dilarang oleh Islam, karena dapat merusak aspek Daruriyat tersebut. Oleh karena itu beliau menegaskan kepada seluruh umat Islam pada khususnya dan masyarakat pada umunya untuk menjauhi perilaku ribawi. 

Acara seminar disuguhkan tidak hanya dalam bentuk ceramah, namun narasumber juga memberikan kesempatan kepada audien untuk menyampaikan pertanyaan dan gagasannya. Forum diskusi berlangsung sangat bergairah, ditambah lagi dengan adanya hiasan hiburan yang diberikan oleh narasumber, dimana bagi setiap pertanyaan maupun gagasan terbaik, diberikan hadiah menarik. [mne/fzn]

FAKULTAS AGAMA ISLAM
UHAMKA

Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
fai.uhamka99@gmail.com
(021) 7234356

 

© 2017 Fakultas Agama Islam - UHAMKA. All Rights Reserved. Designed By Zanash

Search