“Peningkatan Literasi Keuangan Anak Usia Dini di TK Sa’adatu Darroin Depok Melalui Metode Read Aloud”

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) ini telah menjadi wadah untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif pada masyarakat. Dosen FAI UHAMKA Prodi Perbankan Syariah Mitra Sami Gultom selaku ketua kelompok, Nelis Zazziatus Sadiah Qosyasih sebagai  Dosen Pendidikan Anak Usia Dini berkaloborasi dengan mahasiswa prodi Perbankan Syariah Whis Alriz Lut’V melakukan program kerja dengan tema “Pelatihan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Sa’adatu Darroin Depok Melalui Metode Read Aloud”.

Kegiatan pelatihan literasi keuangan bagi anak TK bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam pengenalan nilai uang bagi anak usia dini dengan melatih mereka untuk membiasakan pola hidup budaya menabung, mencegah sikap kosumtif dan mendidik mereka kelak untuk dapat mengelola keuangan secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan mereka di masa depan.

Sasaran dari pelatihan ini adalah anak-anak TK Sa’Adatu Darroin Depok. Program ini dilakukan dengan memberikan metode FGD dimana pemateri membacakan buku bergambar yang terkait finansial anak dengan metode read aloud (membaca nyaring) dan dilanjutkan dengan diskusi dari para peserta yaitu siswa TK beserta orangtua atau walinya. Kegiatan dilakukan dengan membacakan buku bergambar secara nyaring dihadapan siswa dan orangtua. Buku yang akan dibacakan adalah Memperkenalkan Konsep Uang bersama Yana

Buku cerita bergambar merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan pengetahuan dan kecakapan literasi finansial dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini. Sebelum membacakan bukubuku cerita yang memperkenalkan konsep literasi finansial kepada siswa dan anak, pastikan Anda memahami cerita dan konsep literasi finansial yang terkandung dalam buku tersebut.