Pendidikan Agama Islam

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

Ketua Prodi: Ari Khairurrijal Fahmi, M.Pd.

 

VISI:

Menjadi Program studi  unggul tingkat Nasional di tahun 2025 dalam menghasilkan sarjana yang berkarakter religius, intelek, kompetitif, dan berakhlaqul karimah dalam pembelajaran dan penelitian bahasa Arab berbasis teknologi dan budaya komunikasi.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan, metode, dan teori mutakhir berbasis teknologi dan budaya komunikasi.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang mengoptimalkan daya pikir sistematis, ilmiah, berintegritas.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang Pendidikan Bahasa Arab guna mendukung pengembangan ilmu pendidikan kebahasaan.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk edukasi bahasa Arab.
  5. Membangun budaya akademik dalam pengembangan kehidupan kampus untuk mengimplementasikan nilai-nilai al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

TUJUAN:

Menghasilkan Tenaga pengajar pendidikan bahasa arab yang profesional dan memiliki kemampuan manejerial lembaga pendidikan bahasa arab sebagai sektor industri pendidikan dengan menitik beratkan kepada mutu, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang mengimplementasikan pendekatan, metode, dan teori mutakhir berbasis teknologi dan budaya komunikasi.
  2. Menghasilkan sarjana Pendidikan yang memiliki keterampilan dalam merencanakan, mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Menghasilkan sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan metodologi pembelajaran bahasa.
  4. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang mampu secara aktif memberikan kontribusi solutif pada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pengajaran bahasa arab.
  5. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan dalam membaca literature arab / Turats dengan pendekatan bahasa, sastra, dan budaya.

PROFIL LULUSAN:

  1. Pendidik Bahasa Arab: Pendidik dan fasilitator yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi dan budaya komunikasi yang kreatif dan inovatif. 
  2. Peneliti Pendidikan Bahasa Arab: Peneliti kebahasaan dalam bidang pendidikan bahasa arab baik modern maupun klasik (تراث) serta menghasilkan artikel  layak publikasi. 
  3. Entrepreneur: Pengelola lembaga kursus, Instruktur, interpreter, guide wisata dengan frekuensi penggunaan bahasa Arab yang maksimal, Pengembang e-learning, media pembelajaran bahasa Arab, dan language games untuk pembelajaran bahasa Arab.

TENAGA PENGAJAR:

Pendidikan Bahasa Arab UHAMKA memiliki tenaga pengajar yang kompeten dalam bidang pendidikan, pedagogi, kaidah bahasa arab, dan kompetensi kebahasa araban. Terdiri dari dosen berkualifikasi s2 dan s3 dari dalam dan luar negeri.

  1. Ari Khairurrijal Fahmi, M.Pd (Lulusan King Saud University, Riyadh), Program Pengajaran Bahasa Arab Bagi Penutur Asing. Bidang keahlian : Pengajaran Bahasa Arab, Kaidah Bahasa Arab, Psikolinguistik, dan Sosiolinguistik.
  2. Nurhalimah Siregar, S.Pd, M.Ed (Lulusan IIUM Malaysia), Program Pengajaran Bahasa Arab Bagi Penutur Asing. Bidang keahlian : Evaluasi dan pengukuran pembelajaran Bahasa, Perencanaan Pengajaran. Persiapan Materi Ajar
  3. Miatin Rachmawati, M.Pdi (Lulusan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Berpengalaman dalam PKPBA ; Program Khusus Persiapan Bahasa Arab). Bidang Keahlian : Stilistika Bahasa, Llinguistik Arab, Leksikografi, Morfologi Arab dan Sintaksis Arab.
  4. Zainul Abidin, M.Pdi (Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Bidang Keahlian : Pedagogi, Materi bahasa Arab di Sekolah.
  5. Ahmad Rizki Nugrahawan, M.Pd (Lulusan Universitas Negeri Jakarta). Bidang Keahllian ; Kompetenis Kebahasa Araban,
  6. Puti Zulharby, M.Pd ( sedang menempuh gelar Doktor di Universitas Negeri Jakarta melalui LPDP). Bidang Keahlian : Sosiolinguistik, Linguistik Umum, Metodologi Pengajaran Bahasa

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive

 

VISI:

Program studi yang unggul tingkat Nasional pada tahun 2020 dalam menghasilkan sarjana perbankan syariah yang berkarakter religius, dengan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

PROSPEK:

Mahasiswa program studi Perbankan Syariah dibekali agar:

  1. Dapat mengaplikasikan ilmu ekonomi syariah khususnya perbankan syariah di masyarakat.
  2. Menguasai dasar-dasar teori perbankan syariah dan instrumen perbankan syariah.
  3. Mampu merancang frame work manajerial perbankan syariah, mengembangkan ilmu ekonomi syariah khususnya perbankan syariah sesuai dengan perkembangan zaman.
  4. Mempunyai daya analisis kritis dan kreatif terhadap berbagai isu mengenai ekonomi syariah khususnya perbankan syariah.
  5. Memiliki kemampuan berkomunikasi dalam dua bahasa (Inggris dan Arab), memimpin, jujur.

PROSPEK LAPANGAN KERJA:

Praktisi Bank Syariah, Praktisi lembaga keuangan syariah non-bank (asuransi syariah, pasar modal syariah, dll), Dewan Pengawas Syariah, Konsultan Ekonomi Syariah, Tenaga Pengajar, Peneliti, Pengembang ilmu Ekonomi Syariah, Pengusaha, Da'i.

KERJA SAMA:

Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA sudah membangun jaringan kerjasama dengan beberapa instansi sesuai rencana.
Tempat PKL bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam UHAMKA untuk Perbankan Syariah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di Perbankan Syariah, baik Bank Pemerintah, maupun Swasta, BMT, Lembaga Kuangan Syariah Non-Bank, dan Lembaga Negeri/Swasta lainnya, antara lain:

- Bank Indonesia
- DPP IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam)
- Muamalat Institute
- Bank Syariah Mandiri, Bukopin Syariah, Asuransi Takaful, Bank Muamalat
- BPRS Harta Insan Karimah
- Musyawarah Guru SMK Perbankan Syariah Indonesia
- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive

 

VISI:

Program Studi yang unggul di tingkat Nasional pada tahun 2020 dalam menghasilkan sarjana Pendidikan Agama Islam yang berkaraker religius, dengan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

PROSPEK:

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dibekali beberapa keahlian seperti:

  1. Memiliki kemampuan mengajar bidang studi agama Islam di sekolah,
  2. Menguasai dasar-dasar teori dan instrumen aplikatif manajemen pendidikan untuk dapat mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah untuk kemajuan lembaga pendidikan,
  3. Mampu merancang frame work manajerial lembaga pendidikan, program pengelolaan sumber daya manusia, kurikulum, keuangan, net working, sarana dan prasarana,
  4. Memiliki kemampuan: IT untuk lembaga pendidikan, berkomunikasi dengan bahasa asing (Inggris dan Arab), merancang program kewirausahaan, beradaptasi, memecahkan masalah, memimpin, dan jujur.

PROSPEK LAPANGAN KERJA:

Tenaga pengajar, manajer/pimpinan/pengelola lembaga pendidikan Islam, pemilik pendidikan, pengembang ilmu pendidikan Islam, Dewan Pendidikan, Konsultan Pendidikan Islam, Peneliti, Da'i, dan lain-lain.

Fakultas Agama Islam UHAMKA telah membangun jaringan kerjasama dengan beberapa instansi terkait sehingga mahasiswa dapat melakukan program sesuai rencana.
Tempat PPL bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam UHAMKA untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di lembaga, baik SMU, SMK, dan Madrasah Aliyah di lingkungan Muhammadiyah, Negeri, maupun Swasta, ata lembaga negeri/swasta lainnya, antara lain:

- Kementerian Agama RI
- PUSTEKOM
- Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Pemerintah DKI Jakarta
- Direktoral Pendidikan Tinggi, Kemendiknas RI
- PT. Total Quality Indonesia
- Sekolah-Sekolah Pemerintah dan Swasta se-Jabodetabek
- Universitas Ma-Chung Malang dan Universitas Muhammadiyah

© 2017 Fakultas Agama Islam - UHAMKA. All Rights Reserved. Designed By Zanash

Search