Dosen FAI UHAMKA mengikuti Muktamar dan Pameran Perdamaian di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

 

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Ai Fatimah Nur Fuad, Ph.D bersama pimpinan dan delegasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr. Syafiq Mughni mengikuti muktamar dan pameran perdamaian di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perhelatan akbar tahunan 9th Assembly of the Abu Dhabi Forum for Peace yang berlangsung pada tanggal 8-10 November 2022 di hotel Ritz Carlton Abu Dhabi.

Forum perdamaian ini digagas dan diselenggarakan oleh lembaga bernama The Abu Dhabi Peace Forum for Muslim Societies, yang diketuai oleh Shaykh Abdallah bin Bayyah. Kegiatan tahun ini mengambil tema Globalized Conflict and Universal Peace: Urgent Needs and Opportunities for Partnerships (konflik yang mengglobal dan perdamaian universal: kebutuhan mendesak dan peluang untuk kemitraan). Delegasi MUI yang terdiri dari Prof Dr. Amany Lubis (Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga-MUI dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Ai Fatimah Nur Fuad, MA., PhD (Anggota Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional-MUI, Dosen UHAMKA Jakarta), dan Dr. Andy Hadiyanto, MA. (Sekretaris Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional-MUI, Dosen UNJ) diundang dalam kapasitas MUI sebagai payung dari puluhan organisasi Islam di Indonesia yang telah berkiprah dalam berbagai upaya menciptakan perdamaian baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain Muktamar, dalam forum ini juga MUI terlibat dalam pameran perdamaian dengan:1) memberikan informasi tentang profil MUI dan kiprahnya dalam upaya damai dan mempromosikan Islam moderat di Indonesia dan luar negeri; 2) Memperlihatkan buku-buku terbitan MUI seperti buku-buku DSN dan Fatwa dan juga Ormas anggota MUI terkait topik-topik perdamaian, moderasi beragama dan pencegahan radikalisme; 3) Memamerkan foto-foto tentang kegiatan MUI dalam melaksanakan kegiatan terkait upaya damai dan moderasi beragama di Indonesia dan di luar negeri; 4) Memutar film dokumentasi (video) produksi TV MUI tentang kegiatan MUI dan yang terkait dengan isu perdamaian.

Demikian juga ketua PP Muhammadiyah (Prof. Dr. Syafiq Mughni) diundang dalam kapasitasnya sebagai pimpinan organisasi Islam modernis tertua dan terbesar di Indonesia yang sudah terlibat nyata mewujudkan toleransi, moderasi dan perdamaian dalam kehidupan masyarakat Indonesia. MUI dan PP Muhammadiyah diharapkan dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam memberikan usulan mengenai tantangan, konflik dan krisis global yang kita saksikan dewasa ini dan untuk menjawab tuntutan kolektif masyarakat internasional bagi peningkatan dan keberlanjutan perdamaian. Indonesia sebagai negara multikultural dengan mayoritas Islam dinilai sudah mampu mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai, harmonis, dan toleran dibawah naungan kebangsaan, kemanusiaan dan keagamaan yang saling melekat.

Job News