Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

VISI

Menjadi program studi unggul tingkat nasional  di tahun 2035 dalam menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab berbasis teknologi dan komunikasi yang berkarakter religius, akademik, toleran, dan memiliki kepedulian sosial.

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan, metode, dan teori muktahir berbasis teknologi dan budaya komunikasi.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab yang mengoptimalkan daya pikir sistematis, ilmiah, dan kritis.
  3. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang terintegrasi dengan ilmu terkait.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk edukasi dan literasi bahasa Arab.
  5. Membangun budaya toleransi dan akademik dalam pengembangan kehidupan kampus dengan mengimplementasikan nilai-nilai al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga pengajar pendidikan bahasa Arab yang profesional dan mampu mengembangkan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing serta pengabdian kepada masyarakat dalam sektor industri pendidikan dengan menitikberatkan kepada mutu, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki keterampilan dalam merencanakan, mendesain, melaksanakan,dan mengevaluasi pembelajaran dalam pendidikan bahasa Arab.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Arab yang mampu mengimplementasikan pendekatan, metode, dan teori muktahir berbasis teknologi dan budaya komunikasi.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan metodologi penelitian bahasa Arab yang terintegrasi dengan ilmu terkait.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki sikap toleransi dan keperdulian sosial serta aktif berkontribusi memberikan solusi dalam kehidupan masyarakat dengan berlandaskan nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang memiliki kemampuan dalam membaca literatur Arab dengan pendekatan bahasa, sastra, dan budaya.